Sunday, May 19, 2013

kayu jati

Jati

mebel,mebel jati,furniture,furniture jati,kayu jati
adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30 - 40 m. berdaun besar yang luruh pada musim kemarau
Nama ilmiah kayu jati adalah tectona grandis
jati dapat tumbuh dengan curah hujan 1500 - 2000mm/tahun dan suhu 27 - 36 C baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 - 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun yang berbentuk elips, lebar, dan dapat mencapai 30 - 60 cm saat dewasa.


Ciri-ciri kayu jati yang berkualitas baik
Pada dasarnya, kayu jati adalah jenis kayu yang memiliki kualitas baik, bahkan tidak sedikit orang yang bilang kalau kualitas kayu jati sebagai kayu pertukangan adalah nomer wahid. Kayu ini biasa dipakai oleh masyarakat sebagai bahan baku untuk membuat mebel, baik mebel kantor, mebel dapur, mebel kamar maupun mebel outdoor. Bahkan penggunaan kayu jati untuk furniture yang ditempatkan secara langsung dengan tanah juga sangat disarankan.

Apakah kayu Jati selalu berkualitas bagus ?
Belum tentu, sebab banyak kayu Jati yang berkualitas pas-pasan beredar di pasaran, yang biasanya merupakan jenis dari kayu Jati muda atau kayu Jati tertentu

Apakah kayu jati tua adalah kayu yang berkualitas bagus?
Jawabannya adalah tentu. kayu jati tua pasti berkualitas bagus. Sebab, kayu jati tua memiliki pori-pori yang lebih padat sehingga kayu menjadi kuat dan awet. Selain itu, kayu jati tua memiliki permukaan yang sangat dekoratif, sebab tekstur dan serat kayu nya memang sudah terbentuk dengan sempurna dan indah. Akan tetapi, untuk memperoleh kayu jati yang lebih berkualitas, kalu hanya berpatokan pada umur kayu diras belum cukup., sebab seberapapun tuanya umur kayu, pasti tidak akan luput dari cacat kayu yang terbentuk secara alami.

Ciri-ciri kayu Jati yang berkualitas baik

kayu jati yang sudah tua
pori-pori kayu terlihat padat
warna kayu lebih hidup
tidak terdapat mata hati pada kayu
kayu tidak berlubang

No comments:

Post a Comment

Selamat berbelanja